Home » » Serangan DOS/DDOS(Denial Of Service Attacks)

Serangan DOS/DDOS(Denial Of Service Attacks)


DOS adalah sebuah serangan pada jaringan komputer yang menggunakan cara menghabiskan sumber yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Cara-cara atau teknik yang bisa dilakukan menggunakan DOS/DDOS adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan teknik Traffic Flooding yaitu membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data atau muatan sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna tersebut tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan
  2. Menggunakan teknik Request Flooding yaitu membanjiri server jaringan dengan memberikan kelebihan permintaan atau layanan sehingga mengganggu jalannya lalu lintas jaringan.
  3. Mengganggu komunikasi antara server dan client dengan cara merubah konfigurasi atau merusak sistem yang ada pada server.
Sedangkan DDOS adalah serangan DOS yang dilakukan menggunakan komputer orang lain. Jadi serangan DDOS jauh lebih berbahaya. Untuk serangan DDOS ini sendiri telah banyak menyerang website-website perusahaan bahkan penyedia hosting. Berikut ini adalah tanda-tanda jika terjadi serangan DOS atau DDOS:
  1. Jumlah spam yang tiba-tiba meningkat
  2. Jaringan menjadi lemot atau lama untuk diakses
  3. Banyak layanan yang tidak bisa diakses terus menerus
Sedangakan untuk cara mengatasinya masih dikatakan sulit sekali atau masih belum ada cara yang efektif dan mudah untuk menangani serangan DOS atau DDOS. Namun serangan tersebut bisa di cegah dengan cara memasang firewall dan membatasi jenis-jenis trafik yang ingin masuk kedalam jaringan.Selain itu juga bisa melakukan pengecekan secara rutin terhadap jaringan.

Sumber: Cara mengatasi serangan DDOS. (Online) http://anen-copas.blogspot.com/2012/02/cara-mengatasi-serangan-ddos.html. Diakses : 21 Mei 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohamad Zulkifli. Diberdayakan oleh Blogger.